Sabtu, 12 September 2015

Sego Tempong "Mbok Wah"

Ke Banyuwangi belum lengkap kalau belum makan Sego Tempong. Makanan khas Banyuwangi yang hanya bisa ditemukan di Banyuwangi yaitu sego tempong. Makanan ini khas akan kesegaran sayuran dan pedas nya sambal yang selalu membuat kita ketagihan memakannya. Sego tempong (bhs. indo : nasi tempong) berasal dari kata tempong (tempeleng) yang dalam bahasa Indonesia nya "Ditampar", pedas sambalnya setelah memakan sego tempong seperti pipi ditampar. Dan buat yang suka pedas wajib untuk mencoba level kepedasannya.

Sego tempong yang sudah terkenal se-banyuwangi dan memang rasanya nendang banget di lidah, yup "Sego Tempong Mbok Wah". Letak warung nya berada di banyuwangi kota. Yang membuat sego tempong ini berbeda dengan sego tempong lainnya terletak di sambel nya. Dan sambel nya itu enak banget dan membuat ketagihan pengen nyoba makan terus.

*sego tempong mbok wah*
Sego tempong, makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi. Sambalnya yang khas dan luar biasa ini terbuat dari terasi nasi (terasi yang digoreng terlebih dahulu), tomat ceri (tomat ranti) yang kaya akan vitamin C dan A dapat berfungsi sebagai antioksidan yang banyak mencegah kerusakan sistem keseimbangan tubuh. Biasanya sego tempong disajikan dengan sayuran - sayuran hijau seperti terong jari (terong yang ukurannya sebesar jari), bayam, daun singkong dan daun pepaya. Sayuran - sayuran hijau tersebut direbus sebentar untuk tidak menghilangkan kesegarannya.
Untuk pilihan lauknya pun beraneka ragam mulai dari ayam goreng, ikan laut, dadar jagung, tempe goreng dan lain sebagai nya. Lauk nya dapat dipilih sesuai selera masing - masing.

*sego tempong*
Dengan porsi jumbo dengan lauk ayam goreng, tahu goreng dan ikan laut tersebut, saya hanya perlu membayar Rp.10.000 saja. Sangat murah kan dan tidak menguras kantong.
Jika berkunjung ke banyuwangi, tempat ini recommended banget untuk kuliner.

1 komentar:

  1. orang banyuwangi juga mbak? salam kenal ya..aku juga banyuwangi.hihihihi

    sego tempong memang mantab!!!

    BalasHapus