Senin, 22 September 2014

Bukit Bintang (Paltuding-Kawah Ijen)

Minggu lalu saya ditugaskan dinas ke jember untuk perihal keperluan kantor. Setelah urusan kami di jember berhasil, saat perjalanan pulang kami mengapresiasi diri dengan mini liburan, dalam perjalanan pulang saya mengusulkan untuk mengambil rute lewat bondowoso dan jarak tempuhnya juga agak jauh jadinya. Tujuan mini liburan kami kali ini "Paltuding-Kawah Ijen" dan dua rekan kerja saya akhirnya setuju mengambil rute tersebut. Kami meninggalkan jember jam 4 sore. Karena awal nya tidak ada tujuan ke tempat tersebut, akhirnya kita agak berputar arah kembali ke bondowoso. Saat sampai bondowoso sudah waktu maghrib, sehingga saat memasuki area perkebunan matahari sudah tak menampakkan sinarnya. Perjalanan dari bondowoso menuju kawah ijen, sepanjang perjalanan kanan - kiri jalan perkebunan milik negara. Pohon - pohon yang akan kita lewati beraneka ragam, mulai dari Pohon Pinus, Karet, Kopi, dll. Karena sudah malam, yang melewati jalanan tersebut pun hanya mobil kami.
*rute menuju kawah ijen* - sumber

Saat memasuki area perkebunan, kita akan melewati 3 pos satpam, saat sampai di pos satpam pertama kita akan banyak bertemu dengan backpacker yang istirahat sebelum melajutkan perjalanan ke kawah ijen sehingga tak jarang jika kita menemukan banyak pengunjung yang membuat api unggun. Di tempat ini juga pun juga tersedia bensin eceran dan kamar mandi untuk emergency pengunjung.
Saat melewati pos satpam yang kedua, kita memasuki perumahan karyawan perkebunan. Saat melewati perkampungan ini, rasanya tenang, damai dan tentram banget. Daerah ini kalo nggak salah namanya sempol. Anehnya walaupun susah sinyal, tapi tetap banyak yang jualan pulsa di daerah ini.
Saat memasuki pos satpam yang ketiga, perjalan kita sudah dekat dengan kawah ijen dan sampailah kita di paltuding.
Saya menamakan tempat ini bukit bintang, disini saat mata kita menatap langit. Sepanjang mata memandang terpampang jelas hamparan bintang dan di tempat ini jarak antara langit dan kita terasaa dekattt banget. 
*kawah ijen*blue fire*bukit bintang* - sumber
Saya begitu excited dan hebring banget dalam perjalanan kali ini. Saat sampai paltuding kami istirahat di kedai penjual makanan teman rekan saya. Saya memesan segelas susu coklat hangat dan dua rekan saya memesan segelas kopi. Dan minuman tersebut terasa sangat istimewa banget kalau kita meminumnya disini. Karena begitu bersemangat sekali saya di Paltuding, saya pun nggak merasakan sama sekali kedinginan sedangkan 2 rekan saya sudah menggigil kedingan padahal mereka memakai wearpack.Pehh...
Saat kami singgah kami bertemu dengan sekelompok wisatawan dari perancis dan sekelompok pecinta alam yang hendak naik ke kawah ijen. 
Kami ke tempat ini masih menggunakan baju formal ala seragam kami seperti biasanya. Saya pun masih menggunakan kemeja dan rok hitam saya , dan spontan saya pun menjadi pusat perhatian mas - mas yang hendak mendaki, secara mereka memakai jaket tebal, penutup tangan, syal, topi dan atribut pendakian lainnya. Mereka hanya bisa tertawa saja, mungkin dalam hati mereka "mbak ini opo yo nggak salah kostum." haha...
Tunggu cerita saya selanjutnya untuk pendakian ke kawah ijen yaa....
#VisitBanyuwangi

1 komentar:

  1. Dari Jember jam 4 sore sampai Paltuding jam berapa, ya?

    BalasHapus