Kamis, 03 September 2015

Tugu Selamat Datang Banyuwangi "Gandrung"

Banyuwangi, kota yang terkenal dengan sebutan "Bumi Blambangan", terletak paling ujung Timur Pulau Jawa. Untuk menuju kota ini, harus melewati alas (hutan) dari berbagai sisi nya. Jika melewati jalan Pantura (lewat situbondo), kita akan melewati alas baluran yang terkenal dengan "Africa Van Java". Jika melewati jalur selatan (lewat Jember), kita akan melewati Alas dan Gunung Gumitir. Jika melewati jalur tengah (lewat Bondowoso), kita akan melewati hutan di kawasan Gunung Ijen.

Gandrung, tari tradisional yang berasal dari Banyuwangi. Gandrung dijadikan pemerintah Banyuwangi sebagai ikon kota ini, sehingga tak heran jika ditemukan gambar diberbagai tempat seperti sekolah, tempat makan, hotel hingga beberapa tempat wisata. Selain itu tari Gandrung juga digunakan sebagai tarian pembuka jika ada acara Peresmian atau kegiatan Kebudayaan.

Saat hendak memasuki Banyuwangi dari arah Utara (lewat Alas Baluran), kita akan disambut dengan Tugu Selamat Datang Banyuwangi. Tugu ini mengambil Gandrung sebagai ikon nya. Tugu ini berlokasi di kawasan Pantai Watu Dodol, berjarak sekitar 5 km dari Pelabuhan Penyebrangan Ketapang. Letak tugu ini pun berada di bibir pantai dan dari tempat ini kita bisa melihat Pulau Menjangan (salah satu bagian Pulau Bali yang sangat terkenal dengan wisata bawah lautnya). Sehingga banyak berjejeran Hotel dan Restaurant disekitar tempat ini, dimana biasanya pelancong yang hendak ke Bali singgah dan istirahat di Hotel tersebut. Saat pagi hari, kita dapat menikmati keindahan matahari terbit, sehingga kota ini pun mendapat julukan "Sunrise Of Java".  

Dibagian bawah Tugu Selamat Datang Banyuwangi ini, terdapat pantai yang bersih dan jernih air nya. Sehingga kita bisa melihat ikan - ikan kecil dengan jelas. Banyak juga pengunjung yang hendak memacing atau sekedar menikmati pemandangan alamnya.


Credit
Pengunjung tempat ini bukan hanya warga asli Banyuwangi namun juga pengunjung dari luar Kota. Kebanyakan pengunjung yang hendak ke Bali, akan singgah untuk sekedar foto atau istirahat. Seperti yang saya lakukan, jika ada teman dari luar Kota yang sedang dinas di kantor Banyuwangi. Biasanya teman - teman meminta diantar ke Tugu Selamat Datang Banyuwangi dan tak lupa foto juga di tempat ini sebagai kenang - kenang an. Saat saya berkunjung ke tempat ini sedang ada renovasi.


*Me & Friends*
Belum lengkap berkunjung ke Banyuwangi jika belum singgah dan foto di Tugu Selamat Datang Banyuwangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar