Kamis, 29 Januari 2015

Bangsring Underwater

Tempat wisata yang masih baru dan masih alami di Banyuwangi salah satu nya "Bansring Underwater", pesona kekayaan alam bawah laut Banyuwangi bisa kita nikmati, jika beruntung kita bisa bertemu dengan hiu kecil di tempat ini juga. Pengelelola Bangsring Underwater merupakan kelompok nelayan Bangsring. Untuk berwisata ke Bangsring Underwater ini sangat low budget. Di akhir tulisan saya akan membagikan informasi biaya nya.
*terumbu karang kedalaman 2 m*

Pengunjung di tempat ini bukan hanya wisatawan lokal dari Banyuwangi, namun juga banyak pemuda yang backpacker berasal dari luar kota. Rute untuk menuju tempat ini, jika kalian start dari Surabaya dapat naik KA Probowangi atau KA Sritanjung turun di Stasiun Banyuwangi Baru. kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan umum ke terminal Sri Tanjung, kemudian naik bus jurusan ke Situbondo dan turun di daerah Bangsring. Dari Stasiun Banyuwangi Baru menuju Bangsring sekitar 15 menit. Jarak jalan raya dengan tempat wisata ini sekitar 300 m. Karena tidak ada angkutan menuju tempat ini, sehingga kita harus jalan kaki dari jalan raya menuju bibir pantai.

Tempat wisata ini gratis untuk umum dan disediakan juga jasa persewaan alat - alat untuk snorkling seperti baju pelampung dan kaca mata penyelam. Harga sewa nya pun relatif murah. Setelah ber-snorkling ria pastinya membuat perut kita keroncongan, tak perlu khawatir karena di tempat ini juga tersedia penjual makanan mulai dari mie rebus, ikan bakar, kopi, dll. Seperti pengalaman pribadi, ketika saya membeli sate 1 porsi plus lontong, harga nya cuma 6.000 (IDR). Murah banget kan..

Fasilitas pendukung lainnya juga ada beberapa kamar mandi untuk berbersih diri. Dan rumah apung sebagai tempat transit saat akan snorkling. Jarak rumah apung ke bibir pantai berjarak sekitar 100 meter. Kita bisa menempuhnya dengan menyewa kapal tradisional milik nelayan. Rumah apung ini terdiri dari 4 bilik, tempat ini bisa juga disewa untuk keperluan meeting. Di sebelah utara rumah apung terdapat budi daya ikan hias dan di rumah apung juga terdapat fasilitas toilet umum.

*perahu tradisional*
*rumah apung*
Rincian Biaya (IDR):
Tiket Kereta Api: @50.000 x 2 (PP) : 100.000
Angkutan Umum: @5.000 x2 (PP) : 10.000
Bus jurusan Situbondo: @5.000x2 (PP) : 10.000
Sewa Perahu (PP): 25.000
Sewa Pelampung : 10.000

Harga bisa berubah sewaktu - waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Karena saya kemarin dapat sponsor dari teman saya, jadinya liburan kami gratis. :D

Jika sudah berkunjung ke Bangsring Underwater, kalian bisa melanjutkan ke Hidden Paradise "Pulau Tabuhan" yang letaknya masih berada satu kawasan dengan tempat ini. Tunggu cerita kami di Pulau Tabuhan yaaa..

9 komentar:

  1. asik, jadi destinasi liburan selanjutnya nih :D

    BalasHapus
  2. Baru tau mak kalau di banyuwangi ada tempat wisata begini nih. Wah masuk list tempat wisata kalau maen ke banyuwangi. Tfs ya mak

    BalasHapus
  3. trima kasih mb ika atas postingannya, ditunggu kunjungan selanjutnya gih, oy sekedar tambahan, mulai minggu ini di Bunder sudah di sediakan alat diving, dan bagi yg berkenan ingin mendapatkan licence diving, bulan april kami mengadakan kursus dan pelatihannya..sekali lagi trima kasih banyak gih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama - sama mas ikhwan, salam literasi mas. Pantang tanya sebelum baca!

      Hapus
  4. trima kasih mb ika atas postingannya, ditunggu kunjungan selanjutnya gih, oy sekedar tambahan, mulai minggu ini di Bunder sudah di sediakan alat diving, dan bagi yg berkenan ingin mendapatkan licence diving, bulan april kami mengadakan kursus dan pelatihannya..sekali lagi trima kasih banyak gih..

    BalasHapus
  5. trima kasih mb ika atas postingannya, ditunggu kunjungan selanjutnya gih, oy sekedar tambahan, mulai minggu ini di Bunder sudah di sediakan alat diving, dan bagi yg berkenan ingin mendapatkan licence diving, bulan april kami mengadakan kursus dan pelatihannya..sekali lagi trima kasih banyak gih..

    BalasHapus
  6. Ini menyelam nanti ada hiunya gak? Ad peraturan menyelamnya gak? Mohon pncerahannya ya

    BalasHapus
  7. Hay mba ika , minta kontak nya dong hehe mau bertanya tanya nih hehe

    BalasHapus