Rabu, 03 Juli 2013

All about Ramadhan

 Tidak terasa sekarang sudah memasuki penghujung bulan sya'ban. Langkah ika menuju bulan ramadhan semakin dekat dan semoga ika masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan yang penuh berkah ini.
Bulan ramadhan, bulan yang suci yang paling ditunggu - tunggu sama umat muslim sedunia termasuk ika. :) Di bulan ramadhan kali ini, ika sudah bukan mahasiswi lagi dan sudah menjadi karyawan. Yang nggak berubah suasana ramadhan ala anak kosan di perantauan. 



Sesuai kodrat ika sebagai muslimah, Allah berbaik hati ke ika dan sahabat-sahabat muslim dengan memberi komponesasi beberapa hari nggak puasa karena kedatangan tamu istimewa. Namun, kita harus membayar utang puasa kita di hari lain sesudah ramadhan lho. Alhamdulillah, ika udah bayar semua utang puasa ika. Buat teman - teman muslimah yang masih punya utang puasa, yuk dimari segera dibayar utang nya sebelum ramadhan tiba.

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan barokah, setiap amalan yang kita perbuat akan dilipat gandakan pahalanya. Berikut beberapa hal - hal yang yang khas dari bulan ramadhan:



 1. Puasa Ramadhan
Diawali dengan niat di malam hari ketika sahur, menahan haus, lapar dan hawa nafsu dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Dari umur 7 tahun ika udah diajarin bapak ibu untuk puasa, ya puasa nya setengah hari, proses belajar puasa yang ketika dhuhur udah buka puasa dilanjut lagi puasa sampai maghrib. Biasanya puasa ini disebut "puasa bedhug". Alhamdulillah sekarang sudah puasa penuh sampai maghrib, apalagi kalo sampai "mokel" cuma gara-gara kecapekan, malu sama adek - adek.


2. Sahur
Ada pengalaman unik saat ramadhan 2 tahun yang lalu, ika sedang kerja praktek di kediri. Ada yang unik sahur disini, ada rombongan remas pemukul bedhug keliling desa tempat ika tinggal. Mereka keliling desa sambil memukul bedug dan menyanyikan lagu - lagu islami mulai dari jam 2 malam hingga menjelang imsyak. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ika, alarm alami buat bangunin sahur. \(◦'⌣'◦)/
3. Buka puasa = takjil gratis
Ika dan teman - teman kalo puasa punya kerjaan baru ketika jaman kuliah "PPT = Para Pencari Takjil". Biasanya kami sepulang kuliah, langsung menuju masjid - masjid yang menyediakan takjil. Otak anak kosan yang memanfaatkan peluang. Hehe. Sebelum berbuka, di masjid selalu diadakan ceramah agama selama 20 menit menjelang berbuka. Makanan yang selalu menemani kami saat berbuka itu "kurma", yup dimana pun buka puasanya hidangan pembukanya kurma. Karena saat berbuka disunnahkan berbuka dengan yang manis diantaranya kurma.
4. Sholat tarawih
Sholat sunnah yang hanya kita temui ketika bulan ramadhan, sholat sunnah yang grafiknya jamaah nya tinggi disaat awal dan akhir bulan ramadhan. Sepertinya fenomena ini nggak hanya terjadi di masjid tempat ika aja. Semoga kita tetap istiqomah sholat tarawih dari awal bulan puasa hingga selesai bulan ramadhan.
 
 5. Kompensasi jam kerja
 Walau kita puasa sebulan penuh, tetap semangat dong menjalani aktivitas sehari - hari. Perusahaan maupun kampus di tempat ika berbaik hati dan sangat menghargai umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Jam operasional kerja dipotong beberapa jam sehingga kami bisa pulang lebih cepat dan mempunyai waktu ekstra untuk menyiapkan menu buka puasa.




 6. THR
 Bonus tahunan yang sangat ditunggu - tunggu semua kalangan, THR (Tunjangan Hari Raya). Banyak orang tua memanfaatkan momen ini untuk memberi anak - anak mereka baju atas usaha belajar untuk berpuasa. Menjelang penghujung ramadhan, pertokoan akan mulai ramai dikunjungi pembeli, salah satu nya ika. Hehe. Kalau ada rejeki lebih biasanya ibu sama ika suka berburu diskonan disalah satu pertokoan di dekat rumah. Ibu dan ika kompak banget kalo soal belanja, kalau ilmu menawarnya ibu sudah keluar, ampun dah kita biasanya dapat baju dengan hasil tawaran 50%. Ibukku kerenn. Kalau belum ada rejeki, masih banyak baju di lemari yang masih bisa dipakai. Keindahan seseorang bukan dilihat dari apa yang dipakainya, tapi keindahan sesungguhnya berasal dari hati.

 7. Mudik
Saat yang paling ika nanti - nantikan saat ramadhan sebagai anak rantau, libur panjang, mudik, liburan lebih lama di rumah. Yah, mudik saat ramadhan sama mudik di hari - hari biasa itu beda sensasinya. Kalau mudik di penghujung ramadhan, bisa dipastikan nggak ada jalanan yang sepi alias macet dimana - mana. Mudik dan bertemu dengan keluarga besar tercinta. Momen inilah yang membuat mudik terasa indah. Setelah sibuk dengan aktivitas di kota masing - masing, momen mudik inilah yang menyatukan hangatnya kebersamaan seluruh keluarga besar.


8. Koki dadakan
Buleknya ika pinter banget buat kue kering, biasanya di penghujung ramadhan bulek suka banget buat kue kering yang digunakan untuk sajian saat lebaran. Ika yang nggak jago - jago banget memasak, biasanya jadi asisten koki lho. Yah, walau cuma bantu - bantu yang sederhana. Tapi hasilnya, not bad lah.

9. Berbagi dengan sesama
Sedekah di bulan ramadhan itu pahalanya akan dilipat gandakan. Walau begitu, sedekah selain di bulan ramadhan juga mendapat pahala kok. Ika dan teman - teman kelas selalu punya agenda di setiap bulan ramadhan "saur on the road". Kegiatannya membagi-bagikan saur ke pemulung maupun tuna wisma yang ada di daerah dekat kampus. Sungguh beruntungnya kami, diberi Allah hidup yang berkecukupan. Dan sedekah itu salah satu bentuk rasa bersyukurnya kita atas rejeki yang Allah beri.




10. Pendidikan subuh
Di surau belakang rumah ika, ada kegiatan yang hanya kita temui saat ramadhan saja. Pendidikan subuh, kegiatannya diisi dengan mengaji al-qur'an khusus perempuan yang diadakan selepas sholat subuh. Mengaji nya pun menggunakan TOA sehingga warga sekitar surau dapat mendengarkan sanak saudaranya yang mengaji. Kalau ngaji kita kurang lancar, pasti akan ketahuan. Nggak hanya sang pembaca al-qur'an saja yang malu, anggota keluarga lainnya pun malu. Nah itulah uniknya, itu salah satu yang memacu kami agar lebih semangat belajar membaca al-qur'an dan kami akan lebih belajar tilawah menggunakan tajwid yang benar.

 11. Obral Maaf
Ramadhan itu saatnya mensucikan diri dan hati. Membuka maaf untuk semua orang dan memintaa maaf ke semua orang atas kesalahan yang kita perbuat. Karena sedang bermurah hati dan mengobral maaf, menjelang awal dan akhir ramdhan handphone kita akan diberondong dengan broadcast "obral maaf", tak hanya handphone saja yang diberondong, sosial media pun juga mulai dari fb, twitter dll. Media yang memudahkan kita tetap menjalin silaturrahmi walaupun tak bisa bertatap muka.

Itulah beberapa kisah-kisah khas yang terjadi di ramadhan ika, semoga ramadhan kali ini lebih baik dari tahun - tahun kemarin. Tulisan ini diikutkan dalam kegiatan "Bagi-bagi award 2013 oleh komikmuslimah.blogspot.com"
Mbak dhiba, makasih buat awardnyaaa. :)

 



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Return to top of page
Powered By Blogger | Design by Genesis Awesome | Blogger Template by Lord HTML