Selasa, 22 Oktober 2013

Kampung Belajar Banyuwangi


Perkenalan saya dengan komunitas ini berasal dari teman kerja yang domisili asli banyuwangi. Saya salut dengan teman - teman yang peduli dan merelakan segala tenaga, waktu, uang dll untuk membantu adik - adik yang belum berkesempatan menikmati indahnya dunia pendidikan.

*relawan*
"Pendidikan adalah tugas orang terdidik. Saya percaya anda semua bisa mendidik bangsa ini karena anda adalah orang - orang terdidik." (Anis Baswean)
Kampung Belajar Banyuwangi merupakan komunitas sekelompok pemuda - pemudi yang berada di Banyuwangi dengan program kegiatan sharing ilmu dan pengalaman kepada adik - adik di Banyuwangi yang putus sekolah dan tidak mampu membayar biaya sekolah. Kegiatan kampung belajar banyuwangi ini diadakan setiap 2 minggu sekali dan beragam materi yang di sharing ke adik - adik, mulai dari pengetahuan akademik, sastra, IT, fashion, fotografi, craft, dan masih banyak lagi. Tema sharing yang beragam dan berbeda tiap minggu nya bertujuan untuk menggali bakat dan minat adik - adik peserta kampung banyuwangi. Kampung belajar banyuwangi metode belajar nya pun tak seperti di layaknya sekolah pada umumnya, namun dikonsep dengan tema "learning by doing" dan suasana kelas dibuat sersan (santai tapi serius) agar adik - adik lebih berminat dan mudah untuk penyerapan ilmu nya.
*adik2*

Keterbatasan dana bukanlah penghalang adik - adik untuk meperoleh pendidikan yang lebih baik dan meraih impian mereka. Mereka lah penerus bangsa ini, dan merekalah calon - calon pemimpin bangsa ini. Dan mereka berhak untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan. 
Saya sangat beminat dan tertarik sekali dengan kegiatan ini. Sebuah misi kecil saya "ikut serta mengabdi di bidang pendidikan". Yah.. itu mimpi saya. Walau saya bukan terjun dan mengabdi di bidang pendidikan. Namun saya sangat ingin bisa ikut andil dan bermanfaat di dunia pendidikan. Menjadi penjembatan adik - adik untuk menemukan bakat dan minat mereka.
"Sebaik - baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain"
Komunitas ini baru dibentuk beberapa bulan terakhir, namun eksistensi nya tetap terjaga dan kegiatan - kegiatannya pun semakin banyak hingga saat ini. Kami membuka kesempatan selebar - lebarnya buat teman - teman yang ingin bergabung menjadi relawan maupun donatur kegiatan ini. 


1 komentar: