Jumat, 30 Agustus 2013

Process Expert System

Kali ini PT Schneider Electric meluncurkan terobosan baru Process Expert System (PES) untuk resolusi sistem automation di bidang industri Semen. Peluncuran tersebut untuk pertama kali nya dikenalkan di perusahaan - perusahaan Semen di Indonesia pada tanggal 22 Agustus 2013 di Putri Duyung Ancol yang dihadiri oleh seluruh perwakilan perusahaan Semen di Indonesia. Kali ini saya berkesempatan untuk menghadiri acara lounching tersebut untuk mewakili perusahaan tempat saya bekerja.
*my ID card*

Process Expert System merupakan penggabungan sistem PLC dan SCADA. Keunggulan dari sistem ini yaitu pengintegrasian antara PLC dan SCADA yang seirama dalam artian jika kita mengubah data pada PLC dengan otomatis dana pada SCADA juga berubah tanpa harus kita mengubah sistem SCADA nya secara manual. Jika ada perubahan sistem yang kita inginkan, kita tidak perlu mengubah sistemnya per protokol, kita hanya perlu mengubah library nya saja, maka dengan otomatis akan mengubah setiap protokol tersebut.
Sistem transmisi sensor dengan control systemnya sudah memakai jaringan ethernet yang berkapasitas 160 MBps yang jauh lebih cepat daripada menggunakan jaringan profibus yang pada umumnya digunakan pada perusahaan Semen. Keuntungan penggunaan jaringan ethernet ini apabila ada error, bisa langsung diatasi dengan cepat, apabila menggunakan profibus kita harus memeriksa masing - masing kabel jaringan dan hal tersebut memerlukan waktu yang lama.
Adapun kelemahan dari sistem ini, hanya bisa digunakan untuk upgrade sistem yang menggunakan produk Schneider saja dan tidak bisa di kombain dengan produk lainnya. 
Untuk lebih jelasnya mengenai sistem ini, bisa buka di website ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar