Rabu, 25 Juni 2014

S.H.I.P.M.E.N.T

Saya dapat pengalaman banyak hal dan banyak bidang selama bekerja di Perusahaan tempat saya berkerja sekarang. Kali ini saya berkesempatan untuk ikut andil dalam pengurusan shipment kedatangan barang - barang impor yang saya handle. Dalam shipment - shipment yang sudah saya tangani, yang paling berkesan yaitu shipment MV SCL AKWABA. Oia sebelum nya saya belum pernah ada kepikiran bahwa bisa menikmati pengalaman naik dari kapal asing yang satu ke kapal asing yang lainnya, bertemu kapten kapal dan crew kapal dari berbagai negara.
Dalam shipment ini ada special treatment proses unloading kapal karena ada 2 equipment yang termasuk kategori heavy equipment (berat 110 ton dan 98 ton). Kondisi dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi yang panjang dermaga nya terbatas, sedangkan banyak kapal yang akan sandar dan melakukan proses loading/unloading di pelabuhan tersebut, imbas nya juga kami rasakan sehingga kapal kami harus lego jangkar dulu. Setelah hampir seminggu kapal lego jangkar, akhirnya kapal sandar juga. Alhamdulillah nya incoterm untuk cargo tersebut CIF Banyuwangi, nggak bisa bayangin kalo incoterm nya FOB dan demurrage nya mbokk...
Sekarang dengan mulai banyak nya kapal asing yang sandar ke Pelabuhan Tanjung Wangi, dari pihak Pelindo Banyuwangi memberlakukan prioritas sandar untuk kapal asing.
penjemputan kapal oleh take boat

hei.. finally berthing :)
Pelajaran baru yang saya dari shipment ini salah satu nya ilmu Lifting. Saya berkenalan dengan alat - alat lifting ya baru di shipment ini juga, seperti sacle, spreader/beam, dan sling. Karena kekuatan dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi yang tak mampu menahan beban berat, maka untuk heavy equipment ship to ship menggunakan Landing Craft Tank (LCT) dari Pelabuhan Tanjung Wangi ke Pelabuhan LCM Ketapang.
*table*
*LCT*
*numpang narsis yaa..*
Saya satu - satunya kaum hawa yang mengikuti proses unloading dan ikut mengawasi proses tersebut di kapal. Sampai bapak - bapak banyak yang komen, "wes mbak stay di pinggir aja, ndak usah sampai naik turun palka gitu. mesakno sampean". Huahahaha....
Tapi itulah seru nya shipment, hal baru yang membuat andrenalin dan semangat saya on fire terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar