Kamis, 16 Oktober 2014

International Tour De Banyuwangi Ijen 2014



Hari ini hingga tiga hari mendatang, Banyuwangi sedang punya event besar tingkat Internasional yaitu International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2014, event akbar ini sudah diadakan setiap tahun nya sejak tahun 2012. Untuk tahun ini, event balap sepeda tersebut dibagi menjadi 4 etape dengan total jarak 610 km sehingga hampir seluruh jalan raya dilewati para pesepeda balap tersebut hingga ke pelosok desa juga. Pada tahun ini peserta ITdBI 2014 dibagi menjadi 16 tim peserta dari dalam maupun luar negeri.

ITdBI 2014 merupakan langkah pemerintah Banyuwangi untuk memperkenalkan pariwisata kabupaten Banyuwangi ke ranah internasional. Pak Bupati pernah bercerita misi dari diselenggarakan ITdBI saat saya mengikuti salah satu kegiatan di instansi pemerintahan, beliau mengutarakan bahwa dengan adanya event ini merupakan pemacu pemerintah Banyuwangi untuk senantiasa memperbaiki infrastruktur jalan di Banyuwangi, karena setiap tahunnya jumlah jarak tempuh kegiatan ini semakin bertambah sehingga pelosok desa pun juga akan dilewati para pembalap. Bukan hanya pemerintah saja yang sangat antusias dengan semangat perubahan menuju Banyuwangi yang lebih baik lagi, namun para warga nya pun juga sangat bersemangat, mereka berbangga hati jalan raya di rumah warga tersebut dilalui para pembalap dari dalam negeri maupun luar negeri tersebut.

Ada sepenggal cerita absurb dalam kegiatan ini, karena letak rumah kos saya yang berada di kawasan perhotelan di Banyuwangi, sehingga setiap ada event besar di Banyuwangi, para atlet, artis pendukung acara - acara di Banyuwangi juga menginap di salah satu hotel di depan rumah kos saya sehingga tak heran jika banyak akan kita temui para peserta balap sepeda ini mondar mandir di depan rumah kos. Selama kegiatan ITdBI ini, para siswa mulai dari SD-SMA juga menyemarakkan kegiatan ini dengan memberi semangat kepada para pembalap, para siswa diminta membawa bendera negara - negara peserta ITdBI 2014. Mereka memberi sorak semangat kepada para pembalap di sepanjang jalan yang dilalui. Pagi ini merupakan pembukaan ITdBI 2014, banyak siswa yang sudah berdiri di depan rumah kos untuk menyambut para pembalap yang start dari hotel tempat mereka menginap. Dengan semangat muda, mereka berteriak memberikan semangat kepada pembalap. Ada hal unik yang menurut saya agak lucu, diantara pembalap yang lewat depan rumah kos saya, ada bapak tua yang juga bersepeda dengan menggunakan kostum ala jaman dulu dan menggunakan sepeda tempo dulu, walaupun kecepatan bersepedanya tak secepat para pembalap, bapak tersebut terlihat sangat antusias juga untuk meyemarakkan kegiatan ini.

Rute etape ITdBI 2014:
Etape pertama akan menempuh rute sepanjang 180,78 km, start pendopo kabupaten finish Pulau merah dengan melewati 16 kecamatan. Banyuwangi – Giri – Glagah – Licin – Kabat – Rogojampi – Singojuruh – Sempu – Purwoharjo – Tegaldlimo – Siliragung- Pesanggaran dan finish Pulau Merah.

Etape kedua, Jum’at (17/10) dimulai pukul 13.30 WIB dari terminal Jajag dan finish lapangan Maron Genteng dengan jarak 100 km. Rute yang akan dilalui pertigaan KDS Genteng – pertigaan Setail – Dasri – Karangdoro – KB VI – Perempatan Bangorejo – Bulurejo – Pasar Purwoharjo dan menuju Benculuk – Srono – Rogojamppi naik ke Sragi – Pasar Gendoh – Karangsari – Sempu dan finish lapangan Maron.

Etape ketiga, Sabtu(18/10) pukul 09.30 start Sumberbesar Muncar dan finis Paltuding Ijen, dengan panjang rute 201,7 km. Etape tiga ini akan melewati Tampo – Benculuk – Jajag – Tegalsari – Stembel – Setail- KDS – Genteng – Karangsari – Gendoh – balek lagi ke Sukonatar – Srono – Muncar – Gumuk Kantong –Sumbersewu – Kemendung – Labanasem – Gombolirang – Macan Putih – Licin – Glagah – Banjarsari – Pendarungan – Banyuwangi kota – Patung Barong – Kemiren – Olehsari –Glagah dan finish Paltuding.

Etape keempat, Minggu (19/10) pukul 12.30 WIB, dari Kalibaru dan finish depan kantor Pemkab Banyuwangi sejauh 140,5 km. Dari finish para rider masih melanjutkan criterum race sejauh lima kilometer dengan 5 putaran

Semoga dengan kegiatan ini, pariwisata Banyuwangi bisa terus berkembang dan Banyuwangi semakin dikenal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Buat yang ingin tahu lebih detail untuk pariwisata Banyuwangi bisa berkunjung ke web http://banyuwangitourism.com/

*Jadwal Banyuwangi Festival 2014*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar