Selasa, 07 Oktober 2014

Kelas Inspirasi Gresik 2 (SDN Wates Tanjung II)

Alhamdulillah saya terpilih lagi menjadi relawan pengajar di Kelas inspirasi Gresik 2. Tahun lalu saya juga menjadi relawan pengajar di Kelas Inspirasi Banyuwangi. Dan tetap dalam misi sederhana saya "Turut serta di bidang pendidikan".
Saya mengambil cuti satu hari untuk kegiatan ini dan alhamdulillah nya saya dapat Plot di SD yang dekat rumah sehingga bisa sekalian pulang kampung ke rumah Gresik, yup tepatnya saya dapat Plot di SDN Wates Tanjung II, Kec. Wringinanom, Kab. Gresik
Pagi - pagi saya diantar adek saya ke sekolahan tersebut, keadaan sekolah masih lenggang dan belum terlihat panitia Kelas Inspirasi di lokasi sekolahan. Jam 7 pagi, agenda nya yang seharusnya upacara bendera diganti dengan apel pagi dan pengenalan Kelas Inspirasi ke para siswa karena kondisi sekolah yang sedang direnovasi. Saat apel berlangsung, dari kejauhan tibalah teman - teman panitia Kelas Inspirasi SDN Wates Tanjung II. Dari fasilitator ada mas dwi (PJ Sekolah), mbak iyka, mbak fikriyatur, dan mbak ve. Dari relawan pengajar ada bu sisca (presenter), mas agus (Peneliti satwa) dan sayaa (purchasing). Dari fotografer dan videografer ada om bartley dan om aan. Kalian luarrr biasaaa... :)
*kakak panitia Kelas Inspirasi*
Di kelas saya memberikan sedikit informasi mengenai pekerjaan sebagai Purchasing. Sebenarnya para siswa sudah mengenal dan menemui pekerjaan ini di kehidupan sehari - hari mereka dengan bahasa sederhana nya bagian pembelian (pengadaan barang/jasa).
Setelah saya memberi pengantar mengenai Purchasing, beberapa adek - adek saya minta maju ke depan untuk mini praktek proses pembelian barang, awal nya malu - malu karena ada reward yang saya berikan, mereka jadi antusias banget. Yap, kadang kita perlu memberikan reward sebagai pemacu motivasi untuk penggerak anak - anak dalam melakukan sesuatu yang sudah dicapainya.
*mini praktek*
Dan diselingan kegiatan tersebut ada ice breaking nyanyi - nyanyi nya dan saya sangat berterima kasih kepada mbak fikriyatur sebagai fasilitator di kelas saya yang banyak mengajarkan nyanyian untuk ice breaking. Kerennya kalau diajak bernyanyi sambil senam tangan, para siswa cepettt banget hapal nyaa. Dan yang membuat semakin semangat nya kegiatan ini, dari awal kegiatan sampai pulang sekolah para siswa energi nya full nggak ada abisnya. Mereka tertawa, iseng, jail ke temannya dan mereka sangat terlihat bahagiaaa.. Dan inilah pelajaran yang selalu saya ambil dari adek - adek, mereka tetap semangat walau mereka sebenarnya sudah letih dan mereka bisa tertawa lepas untuk hal - hal sederhana seperti saat mereka diberikan hadiah balon dari kakak - kakak panitia.
Dari kegiatan ini, semoga adek - adek mengenang kakak - kakak dari Kelas Inspirasi bahwa pernah ada sekelompok pemuda yang datang ke sekolahan mereka yang mengajak bernyanyi, berpakaian sesuai dengan pekerjaan masing - masing, dan mengajak mereka untuk bermimpi.
*bintang mimpi*

Di akhir kegiatan adek - adek menuliskan mimpi - mimpi masing - masing di kertas bintang yang dibagikan kakak panitia dan ditempelkan di peta dunia by Kelas Inspirasi dan sebagian di tempel di balon untuk diterbangkan ke angkasa.
*peta dunia by Kelas Inspirasi*
Kenapa peta dunia dan balon diterbangkan ke angkasa? Dengan bintang mimpi yang mereka tempelkan di peta dunia dan balon dengan harapan bahwa suatu saat nanti para siswa dapat menjelajahi dunia dengan mimpi serta ilmu yang mereka miliki dan membuat karya yang bermanfaat untuk dunia terutama untuk Indonesia.
*pelepasan balon ke angkasa*
Bagi saya Kelas Inspirasi itu sebagai "Agent of Change". Agen perubahan untuk bangsa Indonesia dengan menularkan semangat perubahan ke adek - adek untuk berani bermimpi dan mewujudkan cita - cita nya untuk bisa menghasilkan karya yang bermanfaat untuk Indonesia. Karena mereka lah yang nanti nya akan meneruskan pembangunan bangsa ini.
Langkah menjadi panutan, Ujar menjadi pengetahuan, Pengalaman menjadi inspirasi
Untuk yang berminat menjadi relawan pangajar, fasilitator, fotografer dan videografer info selengkapnya tentang Kelas Inspirasi bisa dilihat di web ini.

Salam Inspirasiii......!!!!!

1 komentar:

  1. Di akhir kegiatan adek - adek menuliskan mimpi - mimpi masing - masing di kertas bintang yang dibagikan kakak panitia dan ditempelkan di peta dunia by Kelas Inspirasi dan sebagian di tempel di balon untuk diterbangkan ke angkasa.

    saya suka bagian yang diatas itu, kalau bertemu adik-adik itu membuat saya menjadi semakin bersyukur atas apa yang sudah saya jalani saat ini karena hasil pendidikan yang saya jalani baik formal maupun informal.
    salam kenal ya :)

    http://ardikapercha.com/blog/kelas-inspirasi-dunia-pendidikan-indonesia/

    BalasHapus